RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Kenali dan Bersihkan Telinga dengan Benar

Posted by ranywaisya pada Maret 26, 2008

Tidak sedikit orang yang membersihkan telinga dengan cara yang salah. Padahal kesalahan ketika membersihkan telinga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Untuk lebih berhati-hati, ada baiknya jika anda mengenal dulu apa saja yang ada pada telinga.

Telinga terdiri dari 3 bagian yakni bagian luar, tengah, dan dalam. Bagian luar dan tengah berperan penting dalam pengumpulan serta pengiriman suara. Sedangkan telinga bagian dalam memiliki mekanisme agar tubuh tetap seimbang dan bertanggung jawab untuk mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik.

Melalui lubang telinga, suara yang masuk akan menggetarkan selaput kaca pendengaran dalam rongga telinga. Getaran ini akan menggerakkan tulang-tulang pendengaran sampai ke tulang sanggurdi. Cairan dalam rumah siput (cochlea) pun ikut bergetar. Gerakan cairan ini membuat sel-sel rambut terangsang.

Rangsangan inilah yang ditangkap saraf pendengaran yang akhirnya diteruskan ke otak. Manusia normal mampu mendengar suara berfrekuensi 20 – 20.000 Hz (satuan suara berdasarkan perhitungan jumlah getaran sumber bunyi per detik) dengan intensitas atau tingkat kekerasan di bawah 80 desibel (dB).

Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen. Ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri.

Dalam keadaan normal kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit, meleleh keluar ke daun telinga. Limbahnya menyerupai kotoran yang liat atau lembek, namun akan mengering dengan sendirinya. Setelah kering, kelenjar tadi akan memproduksi minyak kembali.

Demikian mekanisme kerjanya dalam membersihkan telinga secara alami. Tetapi kalau liang telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak berlebihan yang justru kurang baik buat kesehatan telinga.

Menurut dr Entjep Hadjar, ahli penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) dari RSUPN dr Cipto Mangunkusumo dalam sebuah artikel, membersihkan kotoran telinga sebenarnya cukup sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga. Sebagian besar kotoran malah akan terdorong masuk ke bagian lebih dalam yakni gendang telinga yang kemudian menumpuk dan membatu. Apalagi kalau jenis kotorannya kering dan keras.

“Di sinilah seseorang akan mendapat masalah karena bagian dalam telinga terasa gatal. Kalau dikorek-korek sendiri, dengan korek kuping misalnya, bisa mengakibatkan luka kulit atau gendang telinga, kulit gatal mirip eksim atau bahkan terjadi infeksi sampai bernanah (otitis media) alias congek”, tambah dr Hadjar.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan pemberian obat antibiotika.

Di samping bisa mengakibatkan infeksi, kotoran membatu tadi akan menyebabkan telinga terasa sakit atau agak tuli sehabis berenang. Sebab air yang masuk akan terhalang keluar. Bahkan, kalau lubang telinga yang tersumbat hanya sebelah, bisa mengakibatkan pusing atau vertigo (berputar), terutama bila anda berenang di air dingin.

Gangguan pada telinga yang tersumbat kotoran bisa juga muncul saat naik pesawat udara. Pasalnya, udara yang masuk pada saat tekanan tinggi tidak dapat keluar dengan leluasa. Akibatnya telinga akan terasa sakit bahkan yang paling mengkhawatirkan kalau sampai gendang telinga pecah.

Nah, pembagian permen yang biasa dilakukan oleh para pramugari di atas pesawat sebelum lepas landas itu secara tak langsung sebenarnya berguna untuk kesehatan telinga kita. Mengunyah sesuatu atau mengulum permen bisa menyeimbangkan udara yang masuk melalui telinga, agar udara tidak terkunci di dalam.

About these ads

37 Tanggapan to “Kenali dan Bersihkan Telinga dengan Benar”

  1. wah informasi yg ilmiah :)

  2. pilabeanku said

    wah…informasi di blog ini bagus untuk kesehatan dan kebersihan….salam

    http://pilabeanku.wordpress.com

  3. noki said

    wah jarang bersih klau ga dipangkuan yayang

  4. jenderal said

    oo….paragraf terakhir aku baru tau…

  5. pian said

    informasinya udah bagus. saya jadi lebih mengerti tentang cara2 membersihkan telinga dengan benar. thx

  6. http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/04/23/negara-tidak-berhak-membubarkan-ahmadiyah/

  7. Agnes said

    bagaimana cara mengeluarkan semut yang masuk dalam telinga saya?
    Terimakasih

  8. yoansoraya said

    baru tau guna permen di pesawat, tapi sayangnya ga semua maskapai baik hati seperti itu…

    @Agnes : coba taro gula di luar telinga, mgkn semutnya akan keluar hehehe *just kidding*

  9. Desy said

    Saya membersihkan telinga anak saya, krn dia nggak bisa diam mungkin kedalaman atau gimana sampai 2x berdarah… Kenapa bisa berdarah, apa yg harus saya lakukan ? apakah itu berarti gendang telinganya tersobek atau nggak dan apa akibatnya….???? tolong ya…. kasih tau..

  10. arny said

    saya bercanda dng adex sy and telinga sy di jewer keres rasa nya sakit bgt bahkan sampai kedalam sakit nya dikit

    apa itu bs menyebab kan luka dlm?????

    q takut

    ditunggu balasan nya

    arny-bali

    • singgih hari prayogo said

      Saya membersihkan telinga anak saya, krn dia nggak bisa diam mungkin kedalaman atau gimana sampai 2x berdarah… Kenapa bisa berdarah, apa yg harus saya lakukan ? apakah itu berarti gendang telinganya tersobek atau nggak dan apa akibatnya….???? tolong ya…. kasih tau..

  11. Suyatno said

    Bgmana Ya?telinga kanan sy kata Dr gendangannya pecah, bgamna supaya normal kembali? dan apakah sy boleh berenang? Help..Bls serius yaa? Thank’s

  12. iqbal said

    bagaimana? telinga saya berdarah sikit sahaja? adakah itu masalah besar?

  13. Arif said

    Ass,gendg tlnga sy keduany jebol ni..& sy mrskn dgugn stiap dtk mgangu skli..!.bgmn slsny y..udah 6th blon jg smbh,trim’s…?

  14. maymunah rtg said

    gmn mnrt anda jika telinga kita mengalami kelembaban hingga timbul jamur.
    please jawab secepatnya ya??

  15. sheira said

    aku sekrang skit tlinga nih, udah dksih karbol gliserin tpi msh skit

  16. dean said

    putriku yg umur 10bulan saat ini kedua telinganya sedang bermasalah, asalnya memang sedari berapa bulan dia suk sekali menggaruk kencang telinganya yg kanan, kadang suk keluar seperti kotoran berwarna putih yg sudah kering, antingny juga yg sebelah kanan sering hilang mungkin karena saking kerasnya di menggaruk telingnya, belum sempat dibw ke tht sudah saya bersihkan sendiri dg cara mengoreknya dengan korek telinga yg ada lampunya yg ada dijual ditoko perlengkapan bayi, dengan alat itu mmg terliht ada kotoran kering didalamnya, karena penasarn akhirnya dibersihkan, dan ternyata sekarang mlah telinga kirinya yg bermasalah malah jadi luka bernanah, setelah kejadian ini baru dibawa ke tht, oleh dokter diberi obat tetes dan obat pileknya, tapi semakin kesini telinganya jadi bau busuk, dan klo dilihat juga memang kotorannya itu basah, apa karena pengaruh obat tetes yg mencairkan kotorn ditelinganya, sya jd takut, mana masih bayi…tolong balas komentar saya dan berikan solusinya yg terbaik, terimkasih

  17. Okta said

    Trimakasih infonya

  18. ARNIE said

    ass,,telinga sy yg kiri sering gatal, trus klo dah gtl pasti dech sy korek pake korek kuping smp gak gtl,tp udahnya bkn enak malah jd sakit,itu akibat apa ya apa lagi warna nya kdng smp hitam,sy tkt tlng solusinya ya.terimakasih wassallam.

  19. […] . Selain itu ada juga di http://ranywaisya.wordpress.com/2008/03/26/kenali-dan-bersihkan-telinga-dengan-benar/ . Pokoknya banyak banget kalau mau baca- satu satu dengan […]

  20. semoga para penderitanya segera sembuh, kita semua tahu fungsi indra pendengaran sangat penting

  21. seno said

    bagaimana cara meningkatkan daya rangsang dengar kita supaya lebih tajam??

  22. Tips Cara Mencuci Pakaian Agar Awet Dan Tahan Lama said

    ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

  23. Florine said

    Very shortly this web page will be famous among all blog people, due to it’s fastidious posts

  24. Awesome! Its actually amazing paragraph, I have got much clear idea concerning
    from this post.

  25. Regina said

    I hardly write comments, but i did a few searching
    and wound up here Kenali dan Bersihkan Telinga dengan Benar RanyWaisyas Blog.
    And I actually do have a few questions for you
    if you usually do not mind. Is it only me or does it look as if like some of these responses look as if they are written by brain dead
    folks? :-P And, if you are writing on other places, I’d like to follow everything fresh you have to post. Could you list of all of your shared sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

  26. I blog quite often and I really thank you for your content.
    The article has truly peaked my interest. I’m going to take a note of your website and keep checking for new details about once per week. I opted in for your RSS feed as well.

  27. Joanna said

    I’m extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one today.

  28. Karolyn said

    Heya i’m for the first time here. I came across this board and I in finding It truly useful & it helped me out a lot. I am hoping to give something back and aid others such as you aided me.

  29. Daniele said

    I’ve been browsing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.

  30. Mel said

    My husband and i got very joyful Peter could complete

    his survey while using the precious recommendations he gained while using the weblog.
    It’s not at all simplistic just to possibly be freely giving tactics which the

    others have been trying to sell. We really consider we now have you to give thanks to because of that. The specific illustrations

    you made, the simple website menu, the friendships you will assist to create – it’s mostly awesome, and it’s really helping our son and the family reason why the subject is entertaining, and that is

    exceedingly fundamental. Many thanks for all!

  31. Barry said

    Hello this is kind of of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have

    no coding experience so I wanted to get guidance from someone with

    experience. Any help would be enormously appreciated!

  32. Lynell said

    I simply wished to appreciate you once again.
    I am not sure the things that I might have sorted out without these thoughts shown by
    you regarding

    my area. Completely was the

    distressing

    concern in my opinion, however , being able to view a skilled technique you
    treated that

    took me to leap with contentment. I will be thankful for

    the assistance and as well , sincerely hope

    you recognize what a

    great job

    your are accomplishing educating others via your web page.
    I’m certain you’ve never met any of us.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: