RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Penyebab Batuk, Gejala, dan Pengobatannya

Posted by ranywaisya pada November 24, 2008

Mungkin, semua orang pasti pernah mengalami batuk. Ada yang ringan, ada yang berat. Ada yang berdahak, ada yang kering. Entah karena sudah biasa, orang lalu menganggap remeh batuk. Masalahnya, jika tidak diobati, terjadi infeksi. Dan jika sudah akut, kemungkinan besar sulit diobati.

Sebenarnya, batuk berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan. Tetapi bila berlebihan, itu sudah merupakan suatu penyakit. Batuk biasanya timbul secara mendadak. Bisa karena masuk angin, influenza atau pun sinusitis.

Selain menimbulkan kerugian apabila batuk berdahak berlebihan, pada dasarnya batuk berguna untuk membersihkan saluran pernapasan juga. Semua yang ada dalam tenggorokan akan terangkat lewat batuk.

Batuk adalah sebuah refleks fisiologi untuk melindungi tubuh dari benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dalam jalan udara di tenggorokan ada banyak rambut getar yang terus bergerak dan berfungsi untuk menyapu bersih benda-benda asing yang masuk ke tenggorokan, tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk. Tapi batuk juga bisa menjadi gejala dari sesuatu penyakit.

Faktor Penyebab. Batuk disebabkan oleh adanya peradangan pada lapisan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut karena infeksi disebabkan oleh bakteri atau virus, misalnya tubercolosa, influenza, dan campak. Sedangkan batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi, antara lain alergi, asma, atau pun debu. Sekadar diketahui, penyakit asma juga disertai batuk. Jika penderita asma terkena udara dingin, asma yang dideritanya akan kambuh. Dan itu biasanya disertai dengan batuk.

Selain itu, ada pula batuk berdahak yang tidak disebabkan oleh infeksi yaitu makanan yang merangsang tenggorokan. Ada pula karena kanker. Batuk karena orang sering merokok sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk berdahak pada orang yang sakit disebabkan oleh adanya kalainan dalam tubuh terutama pada saluran napas atau bronkitis.

Gejala-gejala. Batuk berdahak pada umumnya disebabkan oleh influenza. Gejalanya yaitu demam yang tinggi disertai otot tubuh yang kaku, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Namun batuk berdahak juga timbul akibat peradangan pada paru-paru.

Jika tidak segera diobati, bisa terjadi batuk berdahak akut. Bila sudah akut kemungkinan besar sulit diobati. Tambahan lagi, batuk berdahak yang berlebihan akan menimbulkan infeksi. Batuk berdahak yang terlalu sering akan membuat tenggorokan menjadi luka dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan.

Pengobatan. Ada dua cara mengobati batuk berdahak ini, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Hindari tempat yang berdebu atau pun makanan dan minuman yang dapat merangsang tenggorokan. Hindari juga udara malam karena suhunya yang dingin.

Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk. Obat batuk dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekspektoran (pengencer dahak) dan antitusif (penekan batuk). Batuk berdahak akibat infeksi bisa juga diobati dengan antibiotik. Batuk berdahak karena virus dapat diobati dengan obat anti jamur. Sementara batuk berdahak karena asma dapat diobati dengan obat asma seperti obat inhalasi (inhaler), obat makan, dan suntik. Bila batuk berdahak sudah akut, perlu dipikirkan untuk melakukan operasi. Setelah itu ada kemoterapi dan sinar. (sumber)

About these ads

71 Tanggapan to “Penyebab Batuk, Gejala, dan Pengobatannya”

  1. dany said

    Piko Pendant adalah suatu piranti berteknologi Piko & Far Infrared yang mampu memecah molekul air sampai pada ukuran sangat kecil/sangat halus. Sehingga memungkinkan untuk diserap lebih cepat oleh tubuh kita.

    Piko Pendant terbuat dari 100 Mineral sehingga ringan & tidak berkarat. Bahan dasar pembuat Piko Pendant terdiri dari serbuk batu-batuan seperti Tourmaline, Germanium & batu dari larva yang mengandung serta memancarkan Infra Red permanen.

    Manfaat Mempergunakan Piko Pendant :

    1. Tubuh lebih segar, sehat dan aktif
    2. Kulit lebih segar dan cantik
    3. Tampak lebih awet muda
    4. Mempercepat proses pembuangan toxic (keringat atau air seni).
    5. Melindungi tubuh dari RADIKAL BEBAS.
    6. Menolak ION POSITIF Menarik ION NEGATIF
    7. Menguatkan fungsi otak & daya ingat.
    8. Membantu penyembuhan : kanker, artritis, rematik, Batuk & Asma, Radang Insomnia, Migran & Depresi, Stress & Hipertensi, Pegal-pegal & Kelelahan dan lain-lain.
    9. Meningkatkan kekuatan phisik & seksualitas.
    10. Tidur lebih nyenyak.

    Piko Pendant ini akan membantu :

    1. System metabolisme tubuh
    2. System peredaran darah
    3. System hormonal
    4. System saraf, otot, dan tulang
    5. System pertumbuhan pada anak
    6. System reproduksi / seksual

  2. iwan said

    Batuk bukanlah penyakit, lihat disini: http://obatbatuk.blogspot.com

  3. Batuk
    Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

    Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
    Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.

    Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

    Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.
    Penyebab batuk

    Ada beberapa macam penyebab batuk :

    1. Umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernafasan bagian atas yang merupakan gejala flu.
    2. Infeksi saluran pernafasan bagian atas (ISPA).
    3. Alergi
    4. Asma atau tuberculosis
    5. Benda asing yang masuk kedalam saluran napas
    6. Tersedak akibat minum susu
    7. Menghirup asap rokok dari orang sekitar
    8. Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis.

    Akut dan Kronis

    Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis, keduanya dikelompokkan berdasarkan waktu.

    Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk sudah lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

    Batuk kronis berulang yang sering menyerang anak-anak adalah karena asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). Pertusis adalah batuk kronis yang disebabkan oleh kuman Bordetella pertussis. Pertussis dapat dicegah dengan imunisasi DPT.

  4. Batuk

    Definisi
    Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit.

    Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif. Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

    Batuk dapat akut atau kronik.
    Ø Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu.
    Ø Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.
    Penyebab Umum
    Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
    Ø Alergi dan asthma
    Ø Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
    Ø Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
    Ø Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
    Ø Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
    Ø Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
    Ø Merokok
    Ø Terpapar asap rokok (perokok pasif)
    Ø Terpapar polutan udara
    Ø Obat darah tinggi golongan ACE Inhibitor.
    Perawatan Rumah
    Beberapa tips untuk mengurangi batuk:
    Ø Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik. Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat jalan nafas.
    Ø Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di udara.
    Ø Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah dibatukkan keluar.
    Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
    Ø Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak air.
    Ø Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

    Meskipun batuk dapat menjadi gejala yang mengganggu, tetapi batuk adalah cara tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa pakar akhir-akhir ini menganjurkan tidak menggunakan penahan batuk pada beberapa situasi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba penahan batuk yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan (Vicks 44, dll).
    Jangan mengharapkan atau meminta dokter untuk meresepkan antibiotika untuk infeksi virus seperti influenza atau masuk angin. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus. Antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan batuk yang disebabkan alergi.

    Hubungi Dokter Anda Jika
    Segera ke gawat darurat jika:
    Ø Nafas pendek atau sulit bernafas
    Ø Pembengkakan di muka dan kerongkongan disertai kesulitan menelan

    Segera ke dokter anda jika:
    Ø Batuk sangat hebat yang timbul mendadak.
    Ø Batuk disertai bunyi nada tinggi pada saat menarik nafas.
    Ø Batuk berdarah.
    Ø Demam (yang dapat dapat mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri yang memerlukan antibiotika).
    Ø Dahak yang kental, berbau busuk, bewarna kuning kehijauan (mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri).
    Ø Terpapar dengan seorang penderita TBC.
    Ø Penurunan berat badan yang tidak diharapkan atau keringat malam (mengindikasikan terkena TBC).
    Ø Batuk lebih dari 10 – 14 hari.
    Ø Batuk pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

    Apa yang akan dilakukan dokter anda?
    Pada keadaan darurat pasien akan diobati pertama-tama untuk menstabilkan kondisinya. Setelah kondisi stabil, maka dokter anda akan menanyakan hal-hal mengenai batuk anda. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dokter anda:
    Ø Apakah batuk berdarah (berapa banyak, berapa sering, sudah berapa lama).
    Ø Apakah batuk berdahak? Bagaimana dahaknya, apakah kental dan sulit dibatukkan?
    Ø Apakah batuknya parah? Apakah batuknya kering?
    Ø Apakah suara batuknya seperti gonggongan?
    Ø Bagaimana pola batuk? Apakah timbulnya tiba-tiba? Apakah makin tambah parah akhir-akhir ini? Apakah batuk memburuk di malam hari? Apakah batuk mulai pada saat bangun pagi?
    Ø Sudah berapa lama batuk?
    Ø Apakah batuk memburuk jika berbaring pada satu sisi?
    Ø Apakah batuk periodik disertai muntah?
    Ø Gejala-gejala lain apa yang menyertai batuk? Adakah sesak nafas, demam?

    Kemudian dokter anda akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk memeriksa telinga, hidung, tenggorokan dan dada anda.

    Mungkin dokter anda akan meminta pemeriksaan tambahan seperti:
    Ø Foto rontgen dada.
    Ø Analisa dahak (jika batuk berdahak).
    Ø Test fungsi paru
    Ø Scan paru
    Ø Bronkoskopi.

    Pencegahan
    Ø Jangan merokok dan jangan berada dekat-dekat perokok.
    Ø Jika anda memiliki alergi musiman usahakan tetap di dalam ruangan selama alergen udara sedang banyak-banyaknya. Jika memungkinkan, tutuplah jendela dan gunakan AC. Hindari kipas angin yang menarik udara dari luar ruangan. Mandilah dan gantilah baju sesudah berada di luar ruangan.
    Ø Jika anda memiliki alergi sepanjang tahun, jangan gunakan bantal dan kasur kapuk, gunakan pembersih udara (air purifier) dan jangan piara hewan peliharaan, dan hindari pencetus lainnya.

  5. Putri said

    Aslm,slmt sore,
    setiap bangun pagi saya selalu mengeluarkan dahak, bat

  6. najela said

    apakah batuk pada malam hari saja lebih dari 2 minggu itu berbahaya? apa obatnya?

    • khusniati ningsih said

      sdh di ikhtiari apa za ? Klo yg ini dh blm ? Bagus bgd. Namanya muncord cordyceps. Ini trmasuk nutrisi / makanan kesehatan, so no efek samping walau dikonsum truz dlm jangka panjang. Justru bagus buat meningkatkan kinerja paru2 n imunitas, n msh byk lg mnfaat lain. Met coba, slebih@ sabar ya. God bless u.

  7. Rambu said

    Wah, terima kasih atas postinganx. Semuax sangat membantu.

    Apakah ada pngobatan yg tidak memakan biaya mahal untuk orang miskin?

  8. ANGLE said

    belajar terus yeah……

  9. Ime said

    Mau tny, saya batuk sdh lbh dr 2mggu n batukx tdk bdahak.sy sdh minum obat yg mngandung dextomethopan spt vicks n wood tp batuk blm jg sembuh.apa pnyebab n obatnya spy sy tdk lg batuk.thx

  10. dino said

    artikel yang sangat membantu, saya kira batuk merupakan penyakit. dengan penjelasan di atas saya jadi lebih hati2 kalo memberi obat/minum obat batuk. matur nuwun

  11. Terima kasih atas artikelnya. Ada pertanyaan yang saya ajukan. Anak saya usia 8,5 tahun(kelas 3). Sejak beberapa tahun yang lewat ia sering mengalami gangguan batuk sampai sekarang. Tiap kali batuk datang, langsung drop dan berdahak kental kuning kehijau-hijauan. Sudah sering mondar-mandir ke dokter baik yang umum maupun spesialis. Berkunjung ke dokter selain mendapat obat batuk juga mendapat antibiotik.Pernah juga ke THT, tes mantoux, rontent dada dan kepala, tes alergi. Tapi batuk yang diderita kadang setelah obat habis masih belum sembuh. Bila sembuh kadang sebulan dua bulan kambuh lagi. Anak kami juga kerap menjalani serangkaian tes. Tes darah, urin, dan dahak. Kami pun pernah ke pengobatan alternatif dan herbal. Tapi, sepertinya belum menjawab masalah yang dihadapi anak saya. Terakhir hari ini (24 Agustus 2010) berobat dan menjalani serangkaian tes dan diagnosis lagi. Kondisi anak saya kalau habis bangun tidur malam di pagi hari hidungnya sering tersumbat dan harus dipaksakan ingusnya keluar. Kami menjalani pengobatan yang sporadis demikian sudah lebih dari tiga tahun. Ke mana lagi kami harus membawa anak kami untuk berobat? Saya kasihan kepada dia, tiap kali berobat ke dokter mendapat sekian jumlah obat, baik yang sirup, tablet, kapsul, puyer, dan antibiotik yang di antaranya antibiotik tersebut sudah menunjukkan resistensi pada resep obat yang diberikan; dan obat-obatan tersebut harus ia konsumsi, bahkan pesan dokter dan apoteker: habiskan antibiotiknya. Saya kasihan, sekecil itu dia harus sudah sekian obat masuk ke dalam tubuhnya. tentu ini tidak baik bagi kesehatan perkembengan dan pertumbuhannya dia, bukan? Tolong berikan solusinya. Adakah pengobatan yang untuk sekian periode dalam melawan dan mengikis batuknya? ke dokter apa harus saya datangi dan ke rumah sakit yang bagaimana harus saya kunjungi? Atas solusi dan penjelasannya kami ucapkan terima kasih. (E-mail saya: karim_djamudin@yahoo.co.id)

    • khusniati ningsih said

      kasihan bgd si kecil, hrs berjuang dan bertahan dg obat2an. Bgmna dg nutrisi ini pak, dh prnah dicoba. Namanya muncord cordyceps. Makanan kesehatan yg terbuat dr rumput berkualitas * cordyceps*.. Bs diperoleh di stokis2 tiens / tianshi di kota panjenenengan. Met ikhtiar, dan slebih@ sabar ya pak. Lam bwt si kecil, mga kuat. God bless u.

  12. rizal said

    saya mau bertanya bagaimana penangan batuk kering dan batuk berdahak,dan juga tolog dibantu dengan maca-macam obatnya apa saja dan mekanisme kerjanya bagi tubuh bagaimana.terimakasih

  13. ririn said

    bagaimana cara mengobati batuk

  14. makasih ya infonya :)

  15. oh gitu baru tau.tks

  16. lulu said

    wktu kecil dulu sempet ada paru2 basah,kalo batuk bs sampe 2minggu lbh,batuknya bkin cape dan org yg ngeliat pun jd ikut cape n kasian..pengobatan alami,hindari udara dingin,pk baju anget,kurangi keluar malem,naek motor,jangan terlalu cape,olahraga ringan,jemur matahari pagi,minum kunyit parut sndiri ya..dan biasanya orang sakit bgini kurus,jadi mesti doyan makan,ntar mudah2an tubuh bs bkin antibodi sndiri

  17. mlm aku mau tau ,yg jelas anakku uda kena batuk 100 hari ,dan uda dokter td kan diatas di jelaskan,jln satu-satunya imunisasi DPT,dan bisakah ini saya jelaskan kepada dokter yang menangani anak saya , dan adakah dokter yg bisa sy hubungi konsultasi mohon penjelasanya makasih

  18. baju bali said

    pas ganti musim dari hujan ke kemarau aq jadi sering batuk

  19. fitri said

    kasihan ponakanku batuk gak sembuh-sembuh, gak mau makan…

  20. batuk memang sangat mengganggu aktifitas, sedikit sedikit batuk jadi tidak enak sama teman2

  21. Nino said

    jika batuk disertai sakit dibagian dada, itu knp ?
    sudah 1 minggu.

  22. maswie said

    aku batuk sudah lebih dari 2 bulan, batukku parah dimalam hari disertai dengan muntah. sudah ke dokter ronsen hasilnya baik, minum obat batuk sudah. ini terjadi berulang. termasuk batuk apakah ini? bagaimana cara mengobatinya

  23. Hariati said

    Batuk sudah mo 1 minggu,,,,dan terasa gataL,,,,,,kalau di bawa tidur terasa berlendir,,,dan ingin selalu buang Ludah…….Ya Rabb…..sembuhkanLah penyakit HambaMu ni….amiieeen

  24. terima kasih infonya..

  25. tata said

    sy mengalami batuk sampe capek sendiri..sptny batuk ini terus berulang..sembuh sebulan batuk lag sebulan…bener2 capek..kemungkinan alergi makanan berminyak..tp sy hindari mknan berminyak jg ta kunjung sembuh..jenis batuk berdahak, kadang sampai muntah..rasa gatal ditenggorokan..apa ya obatnya..klo aku minum baby cought..obat batuk bayi itu bs sembuh..tp jd ky ketergantungan sm obat itu..kondisi sy lg hamil..jd sy klo terpaksa sekali br minum baby cought..tlg solusinya teman

  26. neltji said

    aku juga dok batuk sda 1 bulan tak sembuh sembuh. sda ke dokter tapi tak mempan kayaknya saya terkena batuk rejan. solusinya apa?

  27. lhanha said

    assalam…

    dari kmren mlem tiba2 saya batuk mendadak dan terasa sakit di tenggorokan, bila sudah ga tahan suka pengen muntah gitu,,
    kira2 kenapa yah..??
    mohon solusinya..???
    trims…
    wassalam…

  28. Ulum Ozan said

    terimakasih infonya,batuk berdahak saya disebabkan karena saya tidur di depan kipas angin malamnya, paginya saya betuk berdahak. Pengobatan yang efektif apa ya?

  29. saya mau tanya,saya batuk sudah ada 1 bulan lebih,tapi ga’ sembuh”..dan sekarang batuk saya disertai sakit di dada dan bagian belakang dada,kalau batuk suka sakittt banget,knpa yh////???ada solusi atau batnya ga’?

  30. as said

    aduuuh,,, sakit,,,

  31. Erwin Np said

    aduh erwin sangat terkena batuk berdahap udah lebih seminggu,obat apa cocok u/ mengatasinya

  32. Sintha rehy said

    Bgus sekali infox . . .thks

  33. sandi said

    thank ya atas infonya,jd tau penyebab batuk dan cara mengobatinya.

  34. Makasih infonya, bener2 mantap nih..

  35. Zhali said

    Slm knl

  36. Yamasita said

    Sy dr kmrin demam tinggi diawali perut keroncongan & terasa mual ingin muntah skrng otot2 terasa pegal apalagi dibagian seluruh kaki,mulut pengenya meludah , kepala trs berat pusing sekali apa yg kiraya yg bisa sy perbuat u menyembuhkan penyakit ini dok?

  37. Reyna said

    Tolng lah,kasih tau tentang resep2 obat batuk herbal & alami tnpa efek samping,baik obt btk rejan,100 hari,batuk biasa,asma dll.mks.

  38. Reyna said

    Tolng lah,kasih tau tentang resep2 obat batuk herbal & alami tnpa efek samping.mks.

    • khusniati ningsih said

      sdh cba nutrisi ini blm sahabat..muncord cordyceps, bs diperoleh di stokis tiens / tianshi di kota anda. Bagus bgd. Met ikhtiar, dan slebih@ sabar ya. God bless u.

  39. Mksh bnyak resepnya akan sya cba,untuk ank sya kbetulan ank sya lgi btuk+demam

  40. trima kasih atas penjelasannya tentang batuk, sy termasuk keseringan batuk, mungkin krna angin, saat perjalanan jauh naik motor.akan sy coba sarannya.

  41. Saya sering batuk. dan kalau batuk cukup lama mungkin lebih dari sebulan, tetapi batuk saya tidak berdahak, tidak seperti yang diuraikan pada beberapa artikel. saya ingat mulai kena batuk itu ketika saya tinggal di Melbourne untuk study. mungkin karena musim dingin yang agak parah. nah saya sering kena batuk dan sukar untuk disembuhkannya. akhirnya saya biarkan saja sampai berhenti sendiri.
    Mohon informasi bagaimana sebaiknya.
    terima kasih.
    salam takzim,

    Ujang Suparman

  42. aleku said

    caritanu banyak

  43. bagaimana dunk..?semua nya sudah aku jalanni

  44. Rio said

    Dok saya batuk sudah 1 bulan lbh, prtama saya batuk biasa tp sering, stlh minum obt btuk sya brkurang tp jika btuk saya sulit mengatur nafas, dan saya demam tinggi smpai timbul campak dan turun brat bdan. Bs d jelaskan dok? Trimakasih.

  45. rif rahmad dhani said

    Dok, tolong info tentang penyebab batuk dara dan cara mengobatinya.

  46. air putih emang baik buat kesehatan

  47. jasa seo said

    thanks ya untuk infonya

  48. batuk yang tidak berdahap yang tidak sembuh, gimananya cara mengobatinya?

  49. Reblogged this on alifahazzahra and commented:
    like!

  50. kalau batuknya berdahak selama 14 hari pada bulan puasa,,gimana cara pengobatannya????

  51. agus said

    saya sudah menderita batuk selama lebih dari 2 bulan, sudah minum bermacam obat, sudah periksa ke dokter dan diberi obat, tapi hasilnya nihil.

    ciri-ciri batuk saya sbb:
    1. berdahak
    2. sudah berlangsung beberapa bulan.
    3. bersifat kambuhan
    4. tidak disertai flu
    5. tidak mengalami sesak nafas.
    6. tidak disertai demam atau panas tinggi
    7. tidak mengganggu di malam hari (waktu tidur), tapi menyiksa di siang hari atau disaat terjaga.

    tolong bagi yg tahu obat yg tepat buat mengusir batuk saya harap memberi anjuran kpd saya dengan segera.

    terima kasih banyak.

    • ranywaisya said

      Saran saya.. Lebih baik anda ke dokter untuk memeriksaakan batuknya..
      Karena batuk nya sudah sampai 2 bulan..
      Batuk anda berdahak.. Mungkin diperlukan juga pemeriksaan sputum dahaknya.. Untuk memastikan bakteri ∂p∂ yang Ada.. Sehingga pengobatannya lebih tepat…

  52. Iv said

    Thanks

  53. antero said

    Di artikel ini kata “akut” diartikan “parah”. bukankah akut artinya mendadak. Lawan kata dari akut adalah kronis yang artinya menahun atau parah….koreksi saya jika salah.

  54. terkadang kita sering mengalami kesulitan untuk membedakan batuk kering dan berdahak.ada ciri2nya ga ya?

  55. ratna said

    Selamat pagi ..
    Dok aku mau tanya ,,,
    Sudah seminggu saya batuk tapi batuknya itu datang tiba tiba dan cepat hilang ,,
    Dan yang saya heranin kenpa yah dok datangnya itu berkala ,,
    Tidak berhenti ,,
    Saya kira saya keselek ,,
    Tapi kan kalau keselek saya juga merasa dan cepat hilang ,, tpi ini berkala setelah hilang nanti kira” beberapa jam bgtu lgi ,,
    Dan saya juga divonis hipertensi ringan yang membuat jantung saya berdebar,,
    Tpi alhamdulilah setelah saya berobat uda lumayan dibandingkan sebelumnya ,,
    Eh tpi sekarang malah batuk kyak bgtu,,
    Tuh pnyebabnya apa yah dok??
    N nama pnyakitnya apa??
    Serta pengobatan yang alaminya gmna??
    Sekian ,terima kasih..

  56. ranywaisya said

    Mungkin batuk anda merupakan efeksamping ϑɑrï pengobatan hipertensi anda.. Karena Ada obat hipertensi seperti captopril yg merangsang batuk.. Jika Anda tidak nyaman..konsuktasikan kepada dokte anda sebelumnya.. Terimakasi

  57. infonya sangat bermanfaat gan

  58. Tan said

    infonya sangat bermanfaat. tambahan mungkin makanan yang berminyak jg dapat membuat batuk bila tidak dibarengi minum air yang cukup.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: