RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

usus bersih, kulit jadi cantik!

Posted by ranywaisya pada Januari 25, 2008

kompas.com – Kulit kusam bisa jadi pertanda usus besar tidak sehat. Bila krim dan vitamin untuk kecantikan kulit tidak memecahkan masalah itu, mungkin colon hydrocleansing adalah solusinya.

Sepanjang hayat, manusia tak hanya mengasup makanan, tetapi juga mengonsumsi racun dari pernapasan, makanan, dan minuman. Meskipun tubuh manusia punya mekanisme alami untuk mengeluarkan racun dari tubuh antara lain lewat buang air besar, racun dalam jumlah lumayan banyak masih tertinggal di usus besar.

Racun-racun itu tepatnya bersembunyi di sepanjang dinding usus. Itu semua ditambah kesukaan mengonsumsi makanan kaya protein dan lemak serta malas bergerak membuat pencernaan berjalan lambat.

Pembuangan lewat usus besar juga bertambah lambat. Akibatnya deposit sampah di usus semakin banyak dan berkerak. Percaya atau tidak, kerak-kerak racun itu bisa bertahan dalam usus hingga 15 tahun!

Sembelit sejak ribuan tahun silam dipercaya merupakan akar segala macam penyakit. Ebers papirus, dokumen medis Mesir kuno 3000 tahun silam mencatat pentingnya pembersihan usus. Dokumen itu menjabarkan prosedur pembersihan usus menggunakan ramuan herbal dan air.

Sejak lama para ahli pengobatan kuno, termasuk bapak kedokteran modern Hippocrates percaya manfaat cuci usus untuk kesehatan tubuh. Usus besar yang sehat rata-rata menyimpan 4 hingga 11 kilogram kotoran kering. Sementara orang yang kelebihan berat badan atau penderita alergi menyimpan lebih banyak dari itu.

Masalah sembelit, diare, sakit kepala, sakit punggung, kelelahan, atau gejala lain dipercaya merupakan tanda-tanda usus besar yang tak sehat. Bertumpuknya kotoran di usus besar itu tidak menguntungkan untuk kesehatan. Pasalnya, kerak-kerak di usus itu menghalangi penyerapan nutrisi penting dan vitamin. Sumbatan di usus besar itu juga membuat usus semakin sulit membuang kotoran. Itu artinya, semakin banyak racun dan kotoran yang tertinggal dan diserap kembali oleh tubuh.

Tubuh kemudian berusaha membuang racun dan kotoran yang gagal dibuang oleh usus itu lewat kulit. Itu terjadi sebab kulit lewat pori-pori adalah organ tubuh yang juga bertugas membuang zat-zat yang tak perlu. Efeknya, kulit terlihat kusam. Lebih buruk dari itu, kulit jadi memiliki masalah seperti gatal-gatal, eksim, jerawat, dan psoriasis.

Bagaikan lingkaran setan, kulit bermasalah itu jadi semakin kusam karena usus yang tersumbat menyebabkan gangguan penyerapan vitamin A dan vitamin lain. Padahal, vitamin A penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sebesar Pensil
Cara pembersihan usus yang sedang digemari di Amerika Serikat, Jerman, Hong Kong, Singapura, Taiwan, dan Korea saat ini adalah colon hydrocleansing. Dengan sistem ini air digunakan untuk melenyapkan kotoran dan racun yang sudah mengendap dan berkerak di dinding usus selama bertahun-tahun.

Setiap sesi pembersihan usus ini membutuhkan waktu selama 40 menit. Usahakan untuk memilih tempat pembersihan usus yang memiliki standar higienitas tinggi saat menjalani proses colon hydrocleansing. Tempat berkualitas selalu mengganti selang untuk setiap pasien.

Sementara pasien berbaring dalam ruangan yang nyaman dan privacy terjamin, selang kecil streril sebesar pensil dimasukkan ke dalam lubang pembuangan di anus alias rektum. Kemudian air steril dalam galon dengan temperatur 37-39 derajat Celsius yang sesuai dengan suhu tubuh dialiri ke dalam perut lewat selang tersebut.

Fungsi air ini untuk menstimulasi gerakan usus besar secara alami dan membuat proses proses pencernaan berjalan lebih lancar. Air yang mengalir itu juga melarutkan feses yang sudah mengeras atau terkumpul di usus besar. Saat itu feses akan keluar seperti buang air besar biasa.

Namun, kali itu jumlah yang dibuang bakal berkali lipat lebih banyak. Seberapa banyak dan kotor feses yang keluar dari perut itu bisa disaksikan sendiri oleh sang empunya lewat cermin yang dipasang di dekat saluran pembuangan. Lewat sistem pembuangan yang baik, pasien akan tetap merasa nyaman tidur di pembaringan selama proses tersebut tanpa diganggu oleh bau dan ketidaknyamanan saat itu.

Selama proses pembersihan usus, terapis akan hadir menemani untuk mengecek volume dan temperatur air yang mengalir ke tubuh pasien. Selain itu, terapis siap memijat bagian-bagian perut pasien saat perut terasa mulas agar proses pembuangan berjalan lebih lancar. Meski begitu, bila pasien tak nyaman dengan kehadiran orang lain, terapis akan meninggalkan pasien sendiri dan siap dipanggil.

Proses pembersihan usus selesai setelah air berhenti mengalir dari galon dan pasien ditinggal untuk berbasuh. Proses cuci usus itu ditutup dengan minum teh hijau dan dua tablet berisi bakteri baik untuk menggantikan bakteri yang ikut terbuang selama proses pembersihan terjadi.

Pembersihan usus itu akan lebih sempurna bila dilakukan beberapa kali sesuai saran dokter. Saran dari dokter, rampung mengikuti proses cuci usus, asuplah makanan empuk seperti bubur dan hindari sayur dan buah mentah.

pengen tau lebih lanjut atau konsultasi  klik sini

5 Tanggapan to “usus bersih, kulit jadi cantik!”

  1. Jane said

    Pasti mahal harganya…

    rany replay >>> ya iyalah…..

  2. maxbreaker said

    lam kenal juga…
    cuci usus? saya mah cukup minum vegeta ajah🙂

    rany replay >>> vegeta byk efek sampingnya lo….🙂

  3. oliveoile said

    Cuci usus itu apa sama dengan cuci perut ya ?
    Btw kalo cuci perut kan biasanya pake garam inggris🙂

    rany replay >>> beda kalo cuci usus cara, tujuan, efek, hasil dan duitnya berbeda dg cuci perut🙂

  4. goyangan said

    kalau warna kusam artinya apa ya😀

    rany replay >>> biasax sih itu mencerminkan kepribadian orgnya :p

  5. tikabanget™ said

    😦 di endonesa adakah?
    mahal ndak ituh..😐

    rany replay >>> di sini udah ada… Kalau pengen tau lebih mendalam klik aja link yg ada diatas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: