RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Iklan Rokok Adalah Musuh Bersama

Posted by ranywaisya pada Januari 31, 2008

Karena berdampak pada kesehatan dan menyebabkan kematian. Kita tidak boleh toleransi terhadap sponshorship rokok. Kita harus mengubah pola pikir, bahwa merokok bukanlah pertanda suatu kehormatan. Jangan lagi populerkan bahwa merokok itu makruh.

Menteri Pemberdayaan Prempuan Meuthia Hatta mengatakan hal itu, ketika membuka workshop Perlindungan Anak dari Dampak Iklan, Promosi dan Sponsor Rokok, yang digelar Komnas Perlindungan Anak di Jakarta, Senin (28/1). “Kita harus melihat kecendrungan anak-anak dan remaja merokok sejak usia dini sebagai keprihatinan,” katanya.

Kementerian Perempuan yang mengurus anak-anak dan perempuan pernah mendapat dana Rp 200 juta dari industri rokok, tapi hal itu dikembalikan meski sebenarnya kami butuh uang. Bahkan tidak hanya itu, karena kepedulian kepada anak-anak, kami, kata Meuthia, juga tidak menerima sponsor dari susu formula, kecuali untuk ibu hamil karena yang dituju adalah kaum ibu, dengan tujuan agar ia dan janinnya sehat.

Menurut Meuthia, perokok harus disadarkan begitu besar biaya yang harus dikeluarkan dari merokok. Survey tahun 1981-1997 pada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah, sedang, dan tinggi, menunjukkan bahwa pada kelompok ekonomi masyarakat rendah, pengeluaran untuk merokok naik 227 persen, yaitu dari Rp 343 per orang per hari menjadi Rp779 per orang per hari. Saat ini diperkirakan lebih besar lagi seiring dengan kenaikan harga barang.

“Suatu beban ekonomi yang berat mengingat hampir 60 persen pengeluaran mereka masih untuk pemenuhan kebutuhan makan, demikian jelas dampak merokok terhadap proses pemiskinan. Pengeluaran untuk rokok sebenarnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga (anak balita), khususnya pada keluarga-keluarga miskin,” papar Menteri Pemberdayaan Perempuan itu.

Meuthia berpendapat, perlu adanya regulasi untuk melindungi masyarakat, anak dan remaja dari bahaya merokok, hingga saat ini pemerintah hanya mempunyai PP_Nomor 19 Tahun 2003 tentang larangan iklan rokok di TV pada tanyangan Pukul 17.00 sampai dengan 20, tempat ibadah, sarana kesehatan dan pendidikan, tempat anak-anak beraktivitas, tempat dan kendaraan umum. Larangan pemberian rokok secara gratis, namun efektivitasnya sampai saat ini belum terlihat mengingat beragamnya kondisi dan situasinya.

“Para tokoh agama dan ulama perlu menyebarluaskan tentang hukum merokok dari sudut hukum agama (Islam), jika perlu mengeluarkan fatwa yang lebih keras mengingat merokok lebih banyak mudharatnya dari manfaatnya,” jelas Meuthia.

aslinya klik sini

10 Tanggapan to “Iklan Rokok Adalah Musuh Bersama”

  1. Wah … padahal di blog saya ada iklan rokoknya.

    http://rahard.wordpress.com/2008/01/31/tinggal-urusan-cewek/

    Gimana ya? Eh, tapi kepotong kok iklannya. Hanya tulisannya saja yang masih ada. Di beberapa tempat di luar negeri, memang iklan rokok sudah dilarang.

    rany replay >>> rany udh liat iklanx.. Kalo itu kan nggak ada benefitnya. Hanya utk melengkapi postingan🙂

  2. kabarihari said

    Waduh saya masih merokok..
    Jangan musuhi saya ya..please..🙂

    rany replay >>> nggak mungkin rany musuhi perokok,,,
    soalx, ayah merokok jg…
    Susah bgt nyuruhx berhenti😦
    tp inget lo… Apa anda ingin impoten??

  3. jenderal said

    klo ngomongin rokok bakalan susah,…gak ada habisnya deh.

    temenku berkelakar seperti ini ” dari satu batang ini, aku memberikan sumbangan untuk masyarakt yang menjadi buruh rokok, untuk penggemar olahraga dan musik untuk melihat acara kegemaran dan musisi favorit mereka, dan aku memberi beasiswa kepada para mahasiswa berprestasi dan kurang mampu…”

    denger dia ngomong gitu aku cuman bisa senyum aja….

    rany replay >>> ya sih… Rokok memang nggak ada hbs2nya kalo diomongin. Pandai juga ya temen jendral berkelakar🙂

  4. Ran, met kenal, ikutan gabung yaa.
    temenku ada bilang hasil cukai rokok dialokasikan untuk depkes bener ngga, trus katanya untuk bangun puskesmas di daerah2, gimana tuh?

    rany replay >>> met kenal juga… Silahkan gabung, kalo bs sering2 aja🙂 rany sih nggak tau juga kebenaran omongan tmnmu itu, tapi mungkin saja. Krn dana utk membangun tsb tdk mencukupi, shg pemerintah mencari alternatif sumber dana yg lain. Rokok memang sering mendanai berbagai hal, contohx saja salah satu beasiswa utk jd dokter dikampus rany saja berasal dari salah satu merek rokok. Kalau bisa cobalah kita untuk memusuhi soalnya rokok lbh byk mudaratx…

  5. Fadli Reza said

    untung saya ngga merokok😉

    rany replay >>> insyaAllah anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Amien🙂

  6. sef said

    Setuju mbak…setuju…
    Tp merokok spertinya sudah membudaya di Indonesia.

    rany replay >>> bgs deh kalo ada yg setuju. Memang sih udh membudaya, tp asalkan ada yg sadar, itu merupakan suatu permulaan yg bgs.🙂

  7. bisot said

    wah gimana nasib para buruh pabrik rokok di sekitaran jawa tengah dan jawa timur itu yah??? petani tembakau??? petani cengkeh???. Saya kira jika sudah ada alternatif lain, maka akan lebih bijak jika larangan itu dibuat sedemikian rupa berupa pengalihan, jadi jika para petani dan buruh rokok sudah mendapat pekerjaan lain, tutup semua pabrik rokok di Indonesia. Selama itu belum bisa, yah gimana yah????

    rany replay >>> yah ini memang permasalahan yg sulit utk diselesaikan. Soalnya rokok udah byk memberikan kontribusi kepada negeri kita, baik berupa pajak, lapangan kerja sampai beasiswa yg bisa dikatakan cukup byk n bsr…

  8. Sebagian besar ulama menyatakan rokok itu haram, sebagian lagi masih bilang makruh. Yang bilang makruh, tentu ulama-ulama yang juga penikmat rokok. Sayangnya, di masyarakat kita yang populer itu adalah pendapat : rokok itu makruh…
    TQ atas kunjungannya!

    rany replay >>> sama2…🙂

  9. evanrama said

    rokok di benci sekaligus di perangi sama pemerintah terbukti dari peringatan indikasi bahaya merokok di tiap sampul rokok tsb

    rany replay >>> yup that’s right, tapi pemerintah belum bisa menstop predaran rokok kan… Soalnya dari rokok pemerintah banyak mendapatkan keuntungan…😕

  10. bankroma said

    asslam…ehm numpang lewat, sekalian numpang salam kenal, sekalian numpang maap, sekalian numpang terima kasih, sekalian komen dikit….

    sbetulnya ku paling gak suka tu ama yg namanya rokok, saking mangkelnya pengen sekali ku bakar aja pabrik2 rokok itu…..tapi….apalah daya, kalo aku ampe bakar tu pabrik namanya kan melanggar hukum…
    jadi daripada bakar pabriknya mending bakar rokoknya aja satu-satu….he..he…

    rany replay >>> walaikumsalam🙂
    ya…silakan deh numpang2…😀
    eee…😕 sama aja boog deh itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: