RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Mengenal Gejala Kanker Paru

Posted by ranywaisya pada Juli 23, 2008

Mengenal Gejala Kanker Paru

Paru-paru merupakan organ dalam sistem pernapasan dan termaksud dalam sistem kitara vertebrata yang bernapas. Paru-paru berfungsi menukar oksigen dalam sistem karbon dioksida dari darah dengan bantuan hemoglobin. Proses ini dikenal sebagai respirasi atau pernapasan.

Paru-paru terletak di dalam rongga dada, dilindungi oleh struktur bertulang selangka dan diselaputi dinding sebagai pleural yang beirisi cairan pleural. Kanker paru-paru adalah tumor yang tumbuh di paru-paru yang sebagian besar berasal dari sel-sel di dalam paru-paru. Tetapi kanker paru-paru bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke paru-paru.

Lebih dari 90 persen penyakit paru-paru ini berawal dari bronkitis atau saluran udara yang masuk ke paru-paru. Kanker ini bisa disebut karisnoma sel skuamosa, karisnoma sel kecil atau karisnoma sel gandum, kasrinoma sel besar, dan adenokarnoma. Karisnoma sel alveolar berasal dari alveoli di dalam paru-paru. Kanker ini bisa merupakan pertumbuhan tunggal. Tapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru.

Namun tidak semua kanker atau tumor itu dapat ditemui, ada beberapa kanker paru-paru yang lebih jarang terjadi, lain, adenoma, yaitu kanker jinak, dan sarkoma yang tergolong kanker ganas.

Hanya sebagian kecil penyakit kanker paru-paru atau kurang lebih sekitar 10-15 persen pada pria dan 5 persen pada wanita yang disebabkan oleh zat yang ditemui atau yang dihirup di tempat bekerja. Beberapa gejala yang bisa dilihat dan dirasakan dari kanker paru-paru ini, lain, sesak napas, batuk berkepanjangan, batuk mengeluarkan darah, sakit dada, mendesah, demam, dan kehilangan berat badan.

Biasanya gejala-gejala tersebut baru akan timbul ketika kanker sudah menginjak stadium akhir, yang berarti bahwa perokok tidak akan sadar bahwa ia terkena kanker sejak usia muda. Gejala penyakit paru-paru yang sering terjadi di kalangan masyarakat biasanya berupa batuk-batuk yang lama pada orang yang merokok, kesulitan bernapas, suara yang berubah dari biasanya, dan batuk lebih dari dua minggu pada orang yang tidak merokok.

Masa orang terkena kanker paru-paru ini adalah sekitar 10-15 tahun. Jika sejak berusia 15 tahun orang sudah merokok, kemungkinan pada usia sekitar 35 atau 40 tahun orang itu menderita kanker paru-paru. Diagnosa pada kanker paru-paru dibuat berdasarkan jenis tipe sel, dan tanda-tanda cukup. Satu cara yang bisa digunakan adalah mengkonsumsi antioksidan yang merupakan senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas dengan jalan melindungi sel-sel tubuh, khususnya paru-paru. Tapi, cara ini adalah jalan terakhir dan bukan pengobatan yang 100 persen menghambat atau mencegah penyakit kanker. Ini hanya untuk mengurangi risiko penyakit kanker.

Ada beberapa antioksidan yang dapat dikonsumsi, yaitu Vitamin A, C dan E dalam bentuk food suplemen. Antioksidan ini melindungi paru-paru terhadap oksidasi dan kerusakan oleh fraktur (fr). Beberapa jenis makanan seperti kedelai, tahu, tempe, dan oncom juga mengandung senyawa genistein yang merupakan antioksidan dan anti-tumor kuat, yang dapat menstimulasi sistem imun. Mekanisme kerjanya adalah menstimulasi pulihnya pulihnya sel-sel tumor menjadi sel normal, khususnya pada kanker paru-paru. Teh hijau yang mengandung bioflavonoid Epi-Gallo Catechin Gallat juga merupakan antioksidan terkuat yang aktivitasnya 10 kali lebih kuat daripada vitamin C.

Ada beberapa jenis pengobatan terhadap penyakit ini, yakni operasi, kemo terapi dan radiasi. Jenis pengobatan ini disesuaikan dengan jenis kanker, tingkat perluasan atau penyebarannya pada saat didiagnosis, dan keseluruhan kondisi kesehatan penderita. Operasi merupakan tindakan pengobatan utama pada tahap awal kanker. Pasien yang tidak dapat menjalani operasi bisa beralih ke radio terapi.

Tingkat kesembuhan penyakit kanker paru-paru masih sangat bagus jika masih pada tahap awal. Masalahnya, kanker sangat jarang terdeteksi pada tahap ini. Kalau sel kanker sudah menyebar ke daerah lain, pilihan pengobatannya adalah kemo terapi dan radio terapi. Jika kanker menghalangi aliran udara utama, bisa digunakan laser untuk membekuk an tumor atau tetap membuka aliran udara dengan sebuah stent atau tabung. (perempuan)

23 Tanggapan to “Mengenal Gejala Kanker Paru”

  1. buya said

    Salut buat Rany, kalo sempat mampir ke blog gue, nyang baru dibidanin.
    Trims

  2. fajrin said

    “Lebih dari 90 persen penyakit paru-paru ini berawal dari bronkitis atau saluran udara yang masuk ke paru-paru”

    masak sih????

    belum lama ini gw baru sembuh dari paru2 basah yang udah dua kali dan waktu gw komplain masih ada nyeri di dada trus diperiksa, hasil rontgen bilang gw bronchitis…

    informasi lain bilang kalo bronchitis itu emang gejala umum orang yg tinggal di jakarta nan penuh polusi, bener ga sih??

  3. ranywaisya said

    for fajrin:
    “Lebih dari 90 persen penyakit paru-paru ini berawal dari bronkitis atau saluran udara yang masuk ke paru-paru”

    maksud dari kata-kata diatas: orang yang menderita penyakit paru-paru, 90%nya berawal dari bronkitis. tapi orang yang bronkitis belum pasti akan mendapatkan penyakit atau kanker paru-paru.

    apakah dirimu sudah mengerti❓🙂

  4. mimi said

    Omong-omong tentang kanker, khususnya kanker payudara, saya ingin mengajak pembaca untuk juga mampir ke blog mimi

    Salam,
    mimi

  5. jenderal said

    tapi penyakit ini bukan penyakit yang gampang menyerang kan..
    maksudnya, dia itu timbul karna kebiasaan yang lama dilakukan gitu….

  6. kanker..
    naudzubillahimindzalik

  7. dany said

    Piko Pendant adalah suatu piranti berteknologi Piko & Far Infrared yang mampu memecah molekul air sampai pada ukuran sangat kecil/sangat halus. Sehingga memungkinkan untuk diserap lebih cepat oleh tubuh kita.

    Piko Pendant terbuat dari 100 Mineral sehingga ringan & tidak berkarat. Bahan dasar pembuat Piko Pendant terdiri dari serbuk batu-batuan seperti Tourmaline, Germanium & batu dari larva yang mengandung serta memancarkan Infra Red permanen.

    Manfaat Mempergunakan Piko Pendant :

    1. Tubuh lebih segar, sehat dan aktif
    2. Kulit lebih segar dan cantik
    3. Tampak lebih awet muda
    4. Mempercepat proses pembuangan toxic (keringat atau air seni).
    5. Melindungi tubuh dari RADIKAL BEBAS.
    6. Menolak ION POSITIF Menarik ION NEGATIF
    7. Menguatkan fungsi otak & daya ingat.
    8. Membantu penyembuhan : kanker, artritis, rematik, Batuk & Asma, Radang Insomnia, Migran & Depresi, Stress & Hipertensi, Pegal-pegal & Kelelahan dan lain-lain.
    9. Meningkatkan kekuatan phisik & seksualitas.
    10. Tidur lebih nyenyak.

    Piko Pendant ini akan membantu :

    1. System metabolisme tubuh
    2. System peredaran darah
    3. System hormonal
    4. System saraf, otot, dan tulang
    5. System pertumbuhan pada anak
    6. System reproduksi / seksual

  8. ucupsuwarna said

    salam kenal mbak…

  9. tyeka said

    wah… bagus bgt..
    bsa bantu saya atau tidak?/
    saya gy mw bikin artikel tentang kanker paru2,,
    just mw ngenalin ma org2 cz kebanyakan org gx tw gejala’a
    kirim2 ke qu ya klo da kbar…
    pny fs ga??
    klo ga add qu ja d Qrey_dyka@yahoo.com ok!!
    atau..
    facebook..
    reivandyka athikah ok!!!
    qu tgu..
    thx…
    lam knl…


  10. Q Mw tanya,,
    Q khan ska ssak npas kLo biz olhrga,
    truz dada'a ska skit.
    pa tu jga gjla kanker paru2?
    q ga brani tanya k dokte,cz tkt bneran truz Q tkut ortu tw....
    bLz k gmail Q ea....

  11. dhani said

    salam kenal

    terima kasih artikelnya sangat bermanfaat..
    saya mau tanya, mbak tau g dimana dapatin Teh hijau yang mengandung bioflavonoid Epi-Gallo Catechin Gallat itu? terima kasih ya, saya tunggu..

  12. ranywaisya said

    Salam kenal juga..
    Ya smoga semua artikel disini dapat bermanfaat.

    Sori rany gak tau dimana supaya ngedapetin teh hijau tsb.
    Coba saja dhani cari di google..
    Sekali lagi, sori..

  13. vella said

    mmm..
    gini..
    aq ni udah jadi perokok pasif dari kecil..
    trus blakangan baru sdikit mencoba jadi perokok aktif..
    tapi tau” masuk RS nd katany kena bronchitis..

    sempet brenti bbrapa saat..
    trus nyoba utk ngerokok lagi..
    tau” malah sesek nd sempet beberapa kali batuk mpe berdarah..
    apa itu udah tergolong kanker?
    untuk pengobatan yg ringan.,harus gimana?
    cz q g brani blg k ortu..,jdi otomatis g mungkin operasi.,dll..

  14. muhamad fadlan raisyamnoer said

    hatur nuhun kanggo inpormasina???????//heheheheheheheheheheh

  15. apri said

    aku kerja d perusahaan mobil akir2 ni a sering ngerasain dadaku kaya da yg nyubit pas a ngeluarin tenaga (ngangkat barang tau yg lainny)dulu pernah ngerasain sesek kl bis ngerokok tp sekarang cm sakit d dada tu yg sering a rasain pa lg kl bau las pa asap yg lain pasti mau muntah rasany,,,,pa ni juga gjala kanker paru2???

    minta solusinya donk & apa yg mesti a lakuin lagian kl konsul k dokter g da waktu lagian setiap thun da medical cekup d persahaan thun kmrin sih hasilnya bagus g da masalah,,,yg jlas kl mau k dokter bingung mau ngomong pa soalnya sekarang saya berada d japan,,makacih

  16. lissa said

    w mau nanya w itu sering sesak napas dan kalau diruang kerja w sering keringat dingin kadang telapak tangan dan kaki w sering beringat ampe basah banget….apakah ada yang tau itu gejala apa??? dan bagaimana cara utk mengatasinya..
    thanks

  17. saya punya asma dan sering sesak, apakah beresiko terkena kanker paru2?

  18. yohan said

    terimakasih atas informasi yg bermanfaat ini..

  19. rizky fauzi said

    terimakasih atas infonya. tapi ada pertanyaan. kalau sakit batuk, dan telah berobat kemudian sembuh tapi stlah obat habis , batuknya kambuh lagi. dan srkrang di sertai demam.kira kira apa yg harus di lakukan.trmaksih.

  20. memang benar,,,awalnya aq anggap sepele..ternyata harus d hindari..percayalah..percayalah..

  21. Rico L said

    wahh.. mengerikan ya ?? jangan sampe dehh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: