RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Ramadhan, Saat Tepat untuk Diet

Posted by ranywaisya pada September 9, 2008

Selama ini banyak orang terlena dengan berbagai teori diet yang ada. Mulai dari harus menghitung kalori, stop makan malam, mengganti komposisi menu dengan sayur dan buah, menambah jatah olahraga, memperbanyak frekuensi buang air besar, dan lainnya.

Semua teori tadi terasa sangat menyiksa dan berat dijalani. Hasilnya, belum tentu permanen. Tak jarang, berat badan (BB) makin meroket saat sudah tak berdiet lagi. Menurut Iping S, terapis diet kualitatif dari Tee Bee Beauty Center dan penulis buku Langsing Dengan Metode Kualitatif, mayoritas orang gemuk memang suka mengikuti teori diet konvensional yang menyiksa.Namun, gagal mempertahankan hasil penurunan berat badannya karena program yang dilakukannya tak dijalani dengan pola pikir yang benar.

Orang gemuk, sebenarnya hanya soal salah setting saja. Dari pola pikir yang salah, pola makan dan gaya hidup jadi salah pula, ungkapnya.

Agar tubuh tetap langsing dan ideal, salah satu cara efektif bisa dilakukan saat berpuasa. Nah, agar makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka tak membuat berat badan justru makin meroket, Iping memberikan kiat dan daftar menunya.

Saat sahur jangan konsumsi sumber nabati. Sebaiknya konsumsi daging merah (sapi/kambing) saja. Bagi penderita hipertensi, bisa mengganti daging merah dengan daging putih (ayam, ikan, seafood).

Berbukalah dengan minuman hangat. Minuman dingin akan membuat rasa haus terus-menerus, perut kembung, dan menyebabkan lapar di tengah malam.

Menu sahur sebaiknya tak terlalu berbumbu tajam atau pedas karena akan membuat cepat lapar. Sebaiknya buatlah sedikit hidangan berkuah agar porsi minum tak berkurang.

Bila terbiasa tidur lebih lama dan sahur mendekati waktu imsak, tundalah waktu tidur hingga lewat jam 12 malam. Anda bisa bersantap sahur sebelum tidur dan bisa tidur panjang hingga adzan subuh berkumandang. (sumber)

4 Tanggapan to “Ramadhan, Saat Tepat untuk Diet”

  1. […] Original ranywaisya […]

  2. kusandriadi27 said

    kata pak ustadz….puasa ramadhan gak boleh berniat untuk sekalian diet…karena niatnya jadi terpecah belah,,bukan untuk ibadah kepada allah swt…

    kalo puasa sunnah baru boleh,,

    ehehehehhe,,

  3. goncecs said

    kalo kata temen2 saya puasa malah pada gemuk !!!

  4. ranywaisya said

    #kusandriadi27
    niatnya ya memang jangan diubah-ubah🙂
    tapi dengan anjuran2 diatas semoga puasa kita akan menjadi lebih bermanfaat😉
    karena ada yang tambah gemuk pas lagi puasa..
    tips diatas cocok banget dikerjakan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: