RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

10 Anggapan Salah Tentang Diabetes

Posted by ranywaisya pada September 22, 2008

Berikut 10 anggapan salah entandiabetes yang disadur dan diterjemahkan dari ‘10 misconceptions about diabetes’ oleh International Diabetes Federation yang dipublikasikan sebagai bagian dari materi promosi United for Diabetes…

1. Diabetes bukan penyakit Mematikan Salah!
Kenyataanya, diabetes adalah global killer, yang menyebabkan kematian jauh lebih banyak daripada kematian akibat HIV/AIDS. Penyakit ini membunuh 3.8 juta orang setahun. Setiap 10 detik seseorang mati akibat dibetes atau yang berkaitan dengan diabetes.

2. Diabetes hanya berdampak pada negara-negara kaya saja Salah!
Diabetes menyerang semua populasi, tanpa peduli berapa pendapatan populasi tersebut. Jumlah ini terus bertambah. Lebih dari 240 juta orang di dunia saat ini mengidap diabetes. Angka ini akan terus bertambah hingga lebih dari 380 juta pada tahun 2025. Di beberapa Negara di Asia, Timur Tengah, Oceania dan Karibia, diabetes 12-20% populasi terkena diabetes. Pada 2025, 80% kasus diabetes akan terjadi pada negara berpendapatan rendaha dan menengah.

3. Diabetes didanai besar-besaran secara global Salah!
Offi cial Overseas Development Aid (bantuan resmi luar negeri) untuk sektor kesehatan pada 2002 mencapai USD 2.9 milyar, dan hanya 0.1% saja untuk mendanai seluruh penyakit tidak menular kronik (non-communicable chronic disease). Sebagian besar dari dana yang USD 2.9 milyar ini untuk mendanani HIV/AIDS. Meskipun diabetes jauh lebih mematikan secara global. Jika dibandingkan dengan HIV/AIDS, dana untuk diabetes hanya didapat dari sebagian kecil dari yang 0.1% dari dana yang tersedia.

Sebagai tambahan, bank duni memberikan USD 4.2 milyar pinjaman untuk dana kesehatan, populasi dan nutrisi antara tahun 1997 dan 2002. Hanya 2.5% dari dana tersebut diberikan untuk penyakit kronik.

4. Diabetes dapat ditangani dengan biaya rendah  Salah!
Perawatan diabetes ongkosnya tinggi dan berpotensi untuk melumpuhkan sistem pemeliharaan kesehatan manapun. Kesempatan pembanganan ekonomi yang ingin diciptakan oleh PBB untuk Negara-negara berkembang tentunya menjadi tergerus akibat dampak masalah diabetes ini.

5. Diabetes hanya berdampak pada lanjut usia saja Salah!
Kenyataannya, diabetes diderita oleh hamper semua kelompok umur. Saat ini, diperkirakan 246 juta orang antara usia 20 hingga 79 akan terkena diabetes. Pada Negara-negara berkembang diabetes mengenai paling tidak 80 million orang anara usia 40-59.

6. Diabetes didominasi di kalangan pria Salah!
Faktanya, diabetes dialami baik oleh pria maupun wanita. Malah sedikti lebih banyak dialami oleh kaum wanita. Ini juga meningkat secara dramatis dikalangan usia muda dan populasi tertentu akibat faktor resiko keturunan.

7. Diabetes adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat Salah!
Fakir miskin dan anak-anak hanya memiliki pilihan terbatas untuk hidup dalam hal pangan dan pendidikan. Singkatnya mereka terpaksa (atau dipaksa) ber gaya hidup tidak sehat akibat kondisi ekonomi dan kurangnya pendidikan.

8. Diabetes tidak dapat dicegah Salah!
Pernyatan diatas sementara adalah benar untuk kasus diabetes tipe 1, lebih dari 80% of diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan diet sehat, meninglat aktifitas fisik dan mendorong gaya hidup sehat.

9. Diabetes dicegah dengan biaya yang mahal Salah!
Banyak cara yang murah dan berbiaya rendah untuk mencegah diabetes. Perbaikan lingkungan hidup, perubahan diet dan peningkatan aktifitas fisik dapat mencegah pandemic diabetes.

10. Toh kita semua akan mati, oleh sesuatu sebab Benar tapi. . .
Kematian memang adalah hal yang tak dapat dielakkan, namun kematian kan tidak harus dialami secara pelan-pelan, menyakitkan atau secara dini. Diabetes menyebabkan 3.8 juta kematian secara global. Dengan kesadaran, pencegahan dan penanganan yang tepat, hal ini dapat kita cegah.

Sumber: www.rumahdiabetes.com
Referensi:
Ide dari for ‘10 misconceptions about diabetes’ dalah berdasarkan laporan global WHO: ‘Pencegahan penyakit kronis: Suatu Investasi Vital, yang menyajikan 10 kesalahpahaman tentang penyakit kronik.
Data diperoleh dari berbagai sumber, antara lain:
Roglic G et al: The Burden of Mortality Attributable to Diabetes: Realistic estimates for the year 2000. Diabetes Care 28: 2130-2135. The Diabetes Atlas 3rd Edition, International Diabetes
Federation, 2006. Yach D et al: The global burden of chronic diseases. JAMA 2004).

Disadur dan diterjemahkan dari ‘10 misconceptions about diabetes’ oleh International Diabetes Federation yang dipublikasikan sebagai bagian dari materi promosi UNITED FOR DIABETES www.unitefordiabetes.org. sumber

3 Tanggapan to “10 Anggapan Salah Tentang Diabetes”

  1. makasih infonya…

  2. wan said

    Selamat tinggal diabetes..layari http://zhahab.blogspot.com untuk ketahui punca dan rawatannya..Terbukti berkesan.

  3. Info yang menarik tentang diabetes. sangat bermanfaat. Terimakasih
    Kerajinan Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: