RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Rokok Bikin Kualitas Hidup jadi Buruk

Posted by ranywaisya pada Oktober 22, 2008

Studi yang dilakukan oleh Dr. Arto Y. Stranberg dan timnya dari Universitas Helsinki, Finlandia, menyebutkan bahwa pria perokok, selain berpeluang besar mati muda, memiliki kualitas hidup buruk seperti orang yang berusia 10 tahun lebih tua. Bahkan, penurunan kualitas hidupnya terus berlangsung meski telah berhenti merokok.

“Efek negatif yang besar terutama terlihat di kalangan perokok berat (lebih dari 20 batang rokok per hari) yang kehilangan sekitar 10 tahun dari angka harapan hidup mereka. Mereka yang berhasil bertahan akan mengalami penurunan kualitas hidup yang signifikan,” ungkap Strandberg.

Studi yang dimuat dalam Archives of Internal Medicine edisi 13 Oktober itu menganalisis data 1.658 pria yang lahir pada 1919–1934, yang diwawancarai pada 1974. Dua puluh enam tahun kemudian didapatkan data 372 orang telah meninggal. Para peneliti menyimpulkan pria yang tidak pernah merokok memiliki hidup rata-rata 10 tahun lebih lama ketimbang pria yang merokok lebih dari 20 batang per hari.

“Merokok tidak hanya faktor risiko untuk penyakit dan kematian di masa depan. Ini ada di kehidupan sehari-hari perokok. Makin dini seseorang berhenti makin baik. Opsi terbaik adalah tidak memulainya sama sekali,” saran Strandberg. sumber

8 Tanggapan to “Rokok Bikin Kualitas Hidup jadi Buruk”

  1. Betul! Merokok memang buruk untuk banyak hal. Jangan mulai merokok, jangan seperti saya yang perokok. Ketika saya tanya dokter, “Dok, apa boleh saya merokok?” Jawab dokter, “Boleh, asal teratur…” Upss! Tetaplah berniat tak merokok. Salam kenal ya mbak. Cuma guyon… daripada merokok.

  2. seftlogos said

    merokok memang mengganggu kesehatan, faktor ain yang peru juga ditangani adalah gejala emosi jga penting

  3. nokiafandi said

    orang yang banyak mati yang tidak merokok. jadi merokok itu sehat

  4. Dulu waktu saya masih merokok, yang saya rasakan merokok meningkatkan Produktivitas dan memberikan Inspirasi., Dulu hanya dengan sebungkus rokok saya dapat menyelesaikan 1 proyek saya dalam waktu kurang dari 6 jam., Kini produlktivitas saya menurun sejak saya berjhenti merokok.,

  5. Memang iya,. merokok dpt merugikan kesehatan, cuman sosialisasi ke masyarakat untuk tidak merokok memang sulit,.karena banyak faktor,. klo dilarang2 saja gak cukup,.karena ini menyangkut devisa negara juga, dan kelangsungan hidup orang banyak,. KENAPA,,,,,?
    karena klo pabrik rokok ditutup,. pasti pengangguran bertambah banyak,. ya kan,.

    visit to me : www,sagigadesign.com

  6. sekedar mampir dan baca2 poostingan semoga bermanfaat pada diri saya…

    salam kenal

    agus

  7. agus3anto said

    iya tuh betul sekali

  8. the_great said

    merokok bikin hidup fresh, karna yg dicari didunia adalah kesenangan.klo rokok bikin senang, WHY NOT ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: