RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Kenali Gejala dan Obat Sakit Kepala

Posted by ranywaisya pada November 25, 2008

Dari sekian banyak gangguan kesehatan, sakit kepala termasuk yang paling umum terjadi pada manusia. Kendati demikian, penyembuhan dari penyakit ini disinyalir masih sering kurang tepat dilakukan. Oleh banyak orang, penyembuhan sakit kepala ini hanya mengandalkan obat penghilang rasa nyeri jenis analgesik. Padahal, mengobati sakit kepala memerlukan penanganan yang lebih cermat, sehingga nyeri di kepala tidak kembali mudah menyerang. Apalagi jika frekuensi dan waktu serangan telah lama diderita oleh si penderitanya.

Menurut dokter umum Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dr Fajar Rudy Qimindra, sakit kepala adalah rasa nyeri atau rasa tidak enak di kepala yang bersifat setempat atau menyeluruh dan dapat menjalar ke wajah, mata, gigi dan leher. Hal ini disebabkan karena semua struktur di kepala adalah bagian yang sangat peka terhadap rasa nyeri, kecuali otak yang tidak sensitif terhadap rasa nyeri.

“Sifat nyeri ini sangat subjektif sekali, tergantung respons dari masing-masing individu,” ujar pria yang akrab disapa dr Qimi ini. Pada dasarnya, terang Qimi, nyeri kepala dapat dibagi menjadi dua bagian. Pertama, nyeri kepala yang bersifat primer berupa migrain umum, migrain klasik, nyeri kepala cluster, dan nyeri kepala tegang otot. Umumnya, sakit kepala bersifat fungsional seperti ini dan tidak ada hubungannya dengan perubahan-perubahan organik di dalam otak. Karena otak tidak peka terhadap nyeri.

Kemudian yang kedua, nyeri kepala yang bersifat sekunder seperti nyeri kepala pascatrauma, nyeri kepala karena penyakit sistemik (anemia, hipertensi, hipotensi), nyeri kepala organik sebagai bagian pendesakan ruang otak (tumor otak, infeksi, atau perdarahan selaput otak), penyakit hidung dan penyakit mata. “Di sini, nyeri kepala sebagai alarm/peringatan dini terhadap penyakit yang mendasarinya. Sehingga tidak mudah menyepelekan karena bahayanya,” papar Qimi.

Adapun contoh nyeri kepala yang menunjukan tanda- tanda bahaya dan memerlukan evaluasi, lanjutnya, adalah nyeri kepala hebat pertama kali yang timbul mendadak, nyeri kepala yang bertambah berat selama beberapa hari dan minggu, nyeri kepala yang disertai penyakit umum seperti demam, mual, muntah dan kaku di leher, serta nyeri kepala yang disertai kelainan neurologis/saraf seperti penurunan penglihatan, rasa baal, mengantuk, dan perubahan kepribadian.

“Contoh keadaan di atas harus memerlukan penanganan yang menyeluruh dan perlu evaluasi lebih lanjut dari dokter ahli. Sehingga akan tertangani penyakit yang mendasari sakit kepala tersebut,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakan, menghilangkan sakit kepala bisa dilakukan dengan minum obat.Yakni obat-obatan simptomatis yang bersifat mengurangi atau menghilangkan gejala nyeri kepala yang datang dan obat-obatan profilaksis yang bersifat mencegah timbulnya sakit kepala.

Adapun contoh obat simptomatis (penghilang gejala), jelas Qimi, adalah asam asetilsalsilat, parasetamol, ibuprofen, ketoprofen dan lain-lain. Jenis obat ini termasuk obat bebas paling dikenal masyarakat Indonesia yang dijual dengan berbagai merek dagang. Obat-obatan di kelompok ini sangat bermanfaat dalam penanganan sakit kepala ringan hingga moderat dan migrain.

Dikatakan Qimi, sebagai obat nyeri, parasetamol merupakan obat pilihan untuk mengobati sakit kepala. Namun, obat ini dianjurkan untuk tidak diminum pada penderita gangguan fungsi hati dan alergi terhadap paracetamol. Pecandu alkohol juga tidak dianjurkan minum obat ini karena mengkonsumsi parasetamol bersama alkohol dapat meningkatkan efek racun parasetamol pada hati.

Sementara obat-obatan profilaksis (pencegah gejala), lanjutnya, berfungsi untuk mencegah datangnya sakit kepala sejak awal, atau mengurangi frekuensi dan kehebatan sakit kepala. “Yang termasuk obat ini di antaranya antidepresan, obat-obatan kardiovaskuler, vitamin B, yang tentunya harus di bawah pengawasan dokter,” sebutnya. (sumber)

artikel asli lihat disini

7 Tanggapan to “Kenali Gejala dan Obat Sakit Kepala”

  1. obat sakit said

    Terima kasih atas infonya…
    Sangat bermanfaat…

  2. abeeayang said

    sayah mah sering pusing n mata bekunang-kunang…….

  3. nice artikel…
    thanks ya atas infonya….
    sangat bermanfaat…

  4. rian said

    bermanfaat banget ran..

  5. Makasih artikelku telah dilink….semoga bermanfaat…..artikel kesehatan n bisnis online yg lain..ada diblog saya yg lain..http://fajarqimi.com

  6. jim"s said

    saya minta saran kenapa saya sering terserang sakit kepala bila berpergiaan ataupun badan terjadi
    panas dalam

  7. Ardiani samti said

    terimakasih…
    oya apakahb anda tahu situs web yang menerangkan kerja obat sakit kepala? terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: