RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Kenali Insomnia

Posted by ranywaisya pada Maret 16, 2009

Gangguan tidur yang terjadi terus-menerus atau insomnia secara medis dijelaskan sebagai persepsi atau keluhan kekurangan tidur yang diakibatkan oleh satu atau lebih, diantaranya kesulitan tidur, terjaga dari tidur berulangkali serta kesulitan untuk kembali tidur.

Kategori insomnia ada tiga jenis. Pertama early Insomnia yaitu gangguan insomnia dini, saat seseorang mulai merasa susah tidur. Middle insomnia adalah kondisi bila seseorang sering terbangun di sela-sela waktu tidur meski bisa tidur pada waktunya.

Sedangkan late insomnia terjadi pada orang yang bisa tidur dengan mudah, tetapi bangun lebih awal dari jam-nya dan kesulitan tidur lagi.

Pada intermitten insomnia, orang sering terbangun atau tidur selalu terputus, sedangkan total insomnia berarti tidak bisa tidur sama sekali.

Keluhan sulit tidur tampaknya sepele, tetapi bisa berdampak pada berbagai aspek kehidupan penderita. Dampak sulit tidur yang dirasakan diantaranya, pemanfaatan waktu kurang maksimal sehingga menurunkan produktivitas. Kualitas hidup menurun drastis, kesehatan, psikis, anti-sosial dapat terjadi pada penderita.

Jika sudah begini, penderita harus mendatangi dokter guna mendapatkan penanganan lanjut atau dengan terapi untuk mengatasi gangguan tidur secara perlahan berbasis biologis, psikologis, dan sosial. (sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: