RanyWaisya’s Blog

lakukanlah sesuatu yg bermanfaat bagi dirimu dan bagi orang lain

Waspadai Kanker Servik

Posted by ranywaisya pada Mei 6, 2009

Satu lagi penyakit berbahaya yang harus diwaspadai oleh para wanita, kanker servik (cervical cancer) atau juga disebut dengan kanker leher rahim. Sesuai dengan namanya, kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).

Mendengar nama kanker memang sudah mengerikan karena seperti diketahui kanker adalah penyakit mematikan. Kanker servik sendiri diketahui sebagai penyakit yang sering menyerang wanita Indonesia dan merupakan penyakit kanker mematikan no. 2 di dunia. Di Indonesia, diperkirakan setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker serviks dan 20 perempuan meningal dunia karena penyakit tersebut.

Kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu sampai bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi berubah menjadi sel-sel kanker. Selama masa itu anda bisa melakukan seteksi dengan melakukan Pap Smear atau IVA.

Lebih dari 95 persen dari kanker serviks disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai Human Papilloma Virus (HPV). yang dapat ditularkan melalui aktivitas seksual.

Beberapa faktor risiko terkena kanker serviks antara lain:
– Mulai melakukan hubungan seksual pada usia muda.
– Sering berganti-ganti pasangan seksual.
– Sering menderita infeksi di daerah kelamin.
– Melahirkan banyak anak.
– Kebiasaan merokok (risiko dua kali lebih besar).
– Defisiensi vitamin A,C,E.

Apa saja gejalanya? Kanker serviks pada stadium dini sering tidak menunjukan gejala atau tanda-tandanya yang khas, bahkan tidak ada gejala sama sekali. Namun, gejala yang sering timbul pada stadium lanjut antara lain adalah :
– Pendarahan sesudah melakukan hubungan intim.
– keluar keputihan atau cairan encer dari kelamin wanita.
– Pendarahan sesudah mati haid (menopause).
– Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan, berbau atau   bercampur darah, nyeri panggul atau tidak dapat buang air kecil.

Yang menjadi pertanyaan anda saat ini mungkin adalah apakah kanker servik dapat dicegah? Kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Karena itu, upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. Yaitu dengan cara tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti, rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual, memelihara kesehatan tubuh, dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual.

(sumber)

10 Tanggapan to “Waspadai Kanker Servik”

  1. hainida said

    saya ingin beranya: saya gadis usia 19 thun. saya mahasiswi, apa kangker servik itu bisa terjadi bila seseorang pernah melakukan pra seks namun belum sanpai berhubungan intim.dan juga apabila mengalami keputihan dengan ciri2:
    – warnanya kekuning-kuningan
    – kadang berbau kadang juga tidak
    -lendir kadang keluar banyak bila saat setres karena tugas2.

  2. jenny said

    aku umr 15 thn, aku mau tnya, aku dpt haid 3 bln skali apa itu beresiko kangker servik..?

    • Harris said

      klo haid 3 bulan sekali setahu ku itu gara2 hormon yang tidak stabil…
      Slain itu aku nemu info penting yg bisa menjadi solusi untuk pencegahan dini kanker serviks…

  3. lastry said

    sbner.a ciri org terkna kangker serviks tu gmn s…??
    trus gjla.a pa ja????

  4. Nn said

    saya berusia 25 tahun, saya punya keluhan pada v saya selama ini haid saya gak pernah rutin datengnya, terus di daerah v saya baru2 ini sering gatal2 dan keputihan dan kalo buang air kecil sering merasa sakit dan nyeri, baru dua hari belakangan ini keluar darah saat buang air kecil, apakah itu gejala2 dari kanker serviks..?mohon penjelasannya.

  5. kugamaxs said

    ada tidak obatnya untuk kangker serviks sendiri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: